082133934383 admin@dikulonprogo.com

Oleh-oleh Khas Kulon Progo Yang Paling Favorit di Kulon Progo.

Apa Sajakah Oleh-oleh Khas dari Kulon Progo yang menjadi primadona tersebut?

 

Oleh-oleh khas Kulon Progo, banyak sekali ragamnya, namun diantara sekian banyaknya yang paling digemari adalah geblek, bakpia dan wingko, disamping masih ada puluhan makanan daerah yang sekaligus juga menjadi makanan khas Kulon Progo.

Geblek yang paling menonjol diantara sekian banyak macam makanan khas yang paling dicari. Saking menonjolnya bahkan dijadikan sebagai mascot Kabupaten Kulon Progo dan juga banyak menghiasi di baju baju, mulai dari anak-anak sekolah dasar hingga dewasa, karena telah dijadikan sebagai salah satu motif batik khas Kulon Progo.

Salah satu hal yang menjadi “PR” besar bagi Pemkab Kulon Progo adalah, bagaimana si geblek ini bisa bertahan lama tetapi tanpa memakai bahan pengawet yang membahayakan konsumen, walaupun penggunaan bahan pengawet untuk makanan ini masih diperbolehkan, asalkan tidak melebihi ambang maksimal dari jumlah yang telah ditentukan BPOM, Dinkes atau Instansi yang terkait lainnya.

Tidak mudah memang, menemukan suatu alat atau metode alami agar geblek bisa bertahan lama, ya setidaknya bisa mencapai 7 hari dari hari pembuatan, apalagi untuk dijadikan suatu oleh-oleh atau sebagai makanan camilan selama perjalanan.

Ada beberapa metode yang telah digunakan misalnya membuat geblek ini kering atau dengan kandungan air yang rendah, agar jamur atau bakteri tidak mudah tumbuh dan berkembang biak. Ada beberapa makanan khas dari daerah tertentu yang sudah dikeringkan dan bisa bertahan agak lama, dengan bahan baku sama seperti bahan baku pembuatan geblek.

 

Bakpia dan Wingko ternyata termasuk oleh-oleh khas Kulon Progo yang banyak dicari!

 

Selain geblek, jajanan khas Kulon Progo yang favorit atau banyak dicari adalah Bakpia pathok dan wingko.

oleh-oleh khas kulon progoBakpia dan Wingko Kulon Progo termasuk 3 besar dari makanan khas Kulon Progo yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Kulon Progo, hal tersebut banyaknya animo dari masyarakat baik dari dalam atau luar Kulon Progo, yang bisa diperoleh dari rumah produksinya langsung atau digerai-gerai jajanan dan oleh-oleh khas Kulon Progo.

Selain itu berdasarkan atas apa yang disampaikan oleh Rahmat Sugiyanto, sebagai owner rumah produksi bakpia dan wingko Kulon Progo ini, dimana beliau menyatakan permintaan selama bulan Ramadhan dan liburan kemarin mengalami lonjakan yang sangat sangat signifikan, hal tersebut karena banyak diserbu oleh pemudik dan wisatawan lokal dari luar Kabupaten Kulon Progo.

wingko Kulon ProgoBegitu banyaknya para pemudik yang rela “blusukan” masuk ke jalan-jalan tengah perkampungan hanya sekedar ingin memperoleh bakpia dan wingko ini. Walaupun harganya sama dengan harga yang dijual di gerai-gerai toko oleh-oleh Kulon Progo, namun mereka tetap saja bersemangat pergi ke rumah produksinya langsung.

Selain itu, menurut Rahmat yang juga sebagai owner situs resmi Rahmat Bakpia, banyak dari masyarakat baik dari dalam dan luar Kota Wates, yang mengadakan pelatihan pembuatan bakpia ini, mulai dari anak-anak sekolah dasar bahkan sampai penyandang difabel pun sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan bakpia ini.

Bahkan dalam rangka memperingati peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 RI tahun 2017 ini, digelar sepak bola tuna netra yang diadakan persis di halaman rumah produksi Rahmat Bakpia ini, yaitu tepatnya di Jalan Asem Gede Terbah, Pengasih, Kulon Progo (Barat Kampus UNY Wates), SMS/Call : 085100474421 dan 08157989746 atau bisa Whatsapp : 08157989746

Silahkan simak video Youtube di bawah ini, bagaimana serunya jika para tuna netra bermain sepak bola, anda bisa bayangkan bagaimana jadinya?

 

 

Demikian artikel ini kali ini tentang 3 besar oleh-oleh khas Kulon Progo yang banyak sekali peminatnya baik dari dalam maupun luar Kota Wates, Kulon Progo, semoga bermanfaat.

Sampai berjumpa lagi di postingan berikutnya, tetap stand by untuk mendapatkan berita dan artikel actual tentang serba serbi Kulon progo hanya di blog bisnis online Kulon Progo ini..