Les Privat Desain Grafis Online Mudah dan Murah di Afivia Desain.

Desain Grafis Pentingkah Untuk Dipelajari?

Anda mungkin bertanya-tanya dikala melihat suatu banner, promosi IG, FB, IG Feed Puzzle, mockup phone case, kaos bahkan melihat sutau vector wajah yang sangat menarik perhatian anda, sehingga ingin mendalami dan mempelajari desain grafis?

Anda mungkin penasaran kok bisa yah buatnya, pasti sulit membuatnya?

Kalau ada pertanyaan seperti itu jawabannya akan bermacam-macam, tergantung kepada siapa ditujukannya pertanyaan tersebut.

Bagi orang awam mungkin itu sangat amazing dan seakan-akan memerlukan perjuangan latihan bertahun-tahun bahkan ada yang bilang itu sudah bawaan sejak lahir bakat seninya. Tetapi bagi orang yang sedang belajar desain atau sebagai graphic designer yang sudah pro, desain-desain yang amazing tersebut bukanlah hal yang mustahil dan justru menjadi tantangan tersendiri bagaimana caranya buat seperti itu.

Belajar privat desain grafis online di Afivia Desain bisa menjadi salah satu solusi bagi anda yang ingin mendalami dunia desain khususnya berbisnis online, dengan cara step by step, mudah dipelajari serta dengan biaya yang sangat sangat terjangkau dalam kondisi seperti sekarang ini.

Dunia bisnis online khususnya desain tidak akan pernah habis masanya, karena untuk mempromosikan sebuah atau banyak produk itu memerlukan suatu display produk, yang dibuat sedemikian rupa sehingga tampilannya bisa membuat kesan pertama yang baik bagi orang yang melihatnya.

Selain itu, dunia desain grafis untuk masa sekarang dan kedepannya yang banyak berhubungan dengan dunia daring (online) akan membuka peluang sukses sebagai seorang desainer, khususnya desain grafis (karena topik yang menjadi pembahasan adalah desain grafis).

Untuk menjadi seorang yang sukses menjadi seorang graphic designer tidak harus memerlukan ruang yang mewah, harus bertatap muka, tidak harus mengikuti pelajaran offline dalam kelas. Tetapi yang terpenting adalah adanya niat belajar dan ingin sukses, perangkat komputer/laptop yang memadai sesuai kebutuhan software yang digunakan dan sambungan/koneksi internet. 

Belajar Desain Grafis Bagi Pemula, Sulitkah Dipelajari?

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kesuksesan, akan berhubungan dengan niat bener-bener ingin bisa, berlatih secara kontinu dan tanpa menyerah serta bertanya tentang pengalaman dari orang lain.

Demikian halnya dengan belajar desain grafis khususnya bagi pemula, tidak ada seseorang yang menjadi designer itu bisa secara instan, tanpa melalui proses trial and eror. Semuanya dibutuhkan jam terbang yang tinggi dengan banyak latihan. Kesabaran juga sangat perlu khususnya bagi pemula, karena untuk awalan serasa memusingkan dengan banyak tools dari software desain yang harus diketahui dan dipahami. Kalau hanya sekedar bisa saja, maka anda tidak perlu mengetahui dan memahami dengan sangat detail tentangt suatu software design, hanya beberapa tools yang diinginkan saja yang diketahui cara penggunaannya.

Tetapi bagi orang-orang yang bener-bener ingin terjun ke dunia bisnis online dengan mengambil market desain grafis dan pengembangannya, maka sekedar kata bisa akan menjadi sangat kurang. Seorang designer yang pro, mustinya bisa menguasai lebih banyak tools dari suatu software desain, untuk mempermudah dan mempercepat penyelesaian pekerjaannya.

Seseorang yang mengatakan dirinya sendiri masih newbie sekalipun, asal didasari dengan keinginan yang kuat, bener-bener niat ingin bisa dan pantang menyerah dalam belajar desain, akan mampu menjadi seorang desainer.

Jadi.. anda bisa menyimpulkan sendiri, sulit atau tidaknya untuk belajar desain minimal sampai dengan tingkat advance (menengah) sudah bisa menjadi modal dasar untuk terjun ke dunia desain.

Bagaimana Peluang Bisnis Online di Segmen Desain Grafis Di Masa Sekarang?

Di tahun ini, Indonesia mempunyai suatu “Tatanan Baru” entah itu bersifat sementara (temporary) atau bisa dibuat permanen, tergantung dari situasi dan kondisi selanjutnya. Ya.. wabah virus covid19 sangat dirasakan sekali dampaknya di berbagai sektor/bidang tidak hanya di bidang kesehatan saja, tetapi berdampak juga terhadap perekonomian mulai dari bawah sampai dengan tingkat pusat.

Dampak ini tidak hanya dirasakan di Indonesia saja, tetapi hampir di semua negara mengalaminya meskipun dampaknya tergantung dari skala massive tidaknya wabah corona di negara tersebut. Masyarakat dari bawah sampai atas seakan-akan “dipaksa” melakukan tatanan baru di luar kebiasaan sehari-harinya. Kita harus banyak tinggal di rumah (stay at home dan work from home) untuk memutus rantai penyebaran siklus wabah corona, meskipun hal itu juga sangat sulit dilakukan karena menyangkut aspek-aspek yang lain.

Kita seakan-akan “dipaksa dan terpaksa” oleh kondisi dan situasi untuk melakukan work from home dan bagi pelajar dan mahasiswa harus mengikuti “Learn from home”. Semuanya dilakukan dengan metode daring (online), akibat yang sangat nyata dan tampak adalah adanya PHK yang tidak pernah disangka-sangka dan bersifat mendadak.

Oleh karena banyaknya pegawai yang dirumahkan dan sulitnya mencari pekerjaan offline bagi lulusan SMA-Sarjana bahkan yang S2 ataupun S3, banyak diantara mereka yang memilih untuk berwiraswasta atau berbisnis sendiri. Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan memulai bisnis yang offline, maka bisnis yang mereka tempuh dan merupakan pilihan yang bijak dan realistis adalah menempuh untuk ber-bisnis online dalam berbagai bidang/market.

Dan dalam kenyataannya, justru banyak diantara mereka yang merasa lebih nyaman dengan bisnis barunya tersebut dan malah enggan untuk menjadi pegawai lagi, karena di tengah pandemi corona ini, mereka bisa membuat suatu terobosan bisnis yang bisa diandalkan untuk survive saat ini dan andalan untuk masa yang akan datang.

Ya.. bisnis online merupakan pilihan yang bijak dan lebih realistis, mengapa? Berikut beberapa keuntungan berbisnis online dibandingkan dengan bisnis offline, diantaranya adalah:

  1. Tidak memerlukan ruangan khusus dan lebar
  2. Tidak memerlukan skill yang tinggi untuk permulaan, bisa learning by doing
  3. Tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai
  4. Tidak perlu meninggalkan rumah (frekuensi meninggalkan rumah lebih sedikit) karena bisa dilakukan dengan cara online, kecuali market transportasi, expedisi dan sejenisnya meski order yang masuk dari online.
  5. Banyak bidang yang bisa ditempuh atau dipelajari secara otodidak

Adapun kekurangan dalam berbisnis online adalah:

  1. Sulitnya mencari produk atau menemukan skill yang bisa “dijual” secara online, karena sebagai awalan (pemula) biasanya masih bingung produk apa yang akan dijual yang sekiranya laku di pasaran dan bingung merasa tidak punya skil sama sekali
  2. Harus mempunyai niat dan tekat yang tinggi untuk memulainya, apalagi bagi yang belum pernah berbisnis online merasa kurang yakin, karena semuanya serba online (kasat mata)
  3. Sulitnya mencari market atau pasaran bagi pemula (yang baru terjun di dunia online)
  4. Rawan dengan trik-trik atau modus penipuan, seperti banyak yang telah kita dengar dalam media massa atau sosial media.
  5. Dibutuhkan koneksi internet, atau laptop dan alat komunikasi lainnya.

Banyak market/niche/bidang yang bisa dimulai dalam berbisnis online, namun yang banyak adalah sebagai berikut:

  1. Menjual produk digital
  2. Menjual produk fisik tetapi pemasaran secara online
  3. Marketing online
  4. Desainer grafis
  5. Web desainer/programer
  6. Youtuber, Adsense, Gamer
  7. Video kreator
  8. App mobile
  9. Privat/kelas/kursus online/guru online/webinar
  10. Affiliasi (bahasa yang mudah adalah broker/perantara) dimana kita menjualkan produk orang lain, setelah ada penjualan kita dapat komisi
  11. Jasa media sosial, mulai dari paid promote, menambah follower, menambah viewer dan sebagainya
  12. Dan masih banyak yang lainnya

Kembali ke topik artikel tentang desain grafis, bagimana peluangnya dalamkondisi sekarang ini?

Segmen desain grafis masih sangat terbuka sekali dan sekan-akan tidak akan pernah ada matinya, mengapa?

Karena untuk menjual produk butuh alat promosi yang termurah adalah dengan membuat banner-banner web dibandingkan dengan video, untuk mendesain suatu web juga diperlukan keahlian desain meski tidak harus mahir banget, sebagai affiliasi juga butuh banner alat promosi entah gambar statis atau gambar bergerak, dan lain-lain.

Oleh karena itu bisnis online dengan mengambil niche sebagai desain grafis (graphic designer) masih sangat terbuka sekali peluangnya untuk sukses, dan asal benar-benar berniat belajar, pantang menyerah, menambah jam terbang untuk menjadi seorang desainer grafis bukan hal yang mustahil diraih dalam waktu yang tidak terlalu lama dan langsung bisa action terjun ke dunia online sebagai seorang desainer grafis.

Bagaimana dengan kursus privat desain grafis secara online di Afivia Desain?

Afivia desain merupakan salah satu dari sekian banyaknya web penyedia jasa layanan desain grafis yang ada di internet. Jasa yang kami berikan adalah membuat desain kaos, desain phone case unik, vector mobil, vector wajah, logo, produk custom lainnya serta jasa pembuatan website secara profesional yang bisa dipercaya dan murah yang berpusat di Jogja.

Selain memberikan layanan jasa desain grafis, Afivia Desain membuka bagi siapa saja yang ingin belajar desain grafis secara privat online sebagai sarana pembelajarannya. Baik untuk pemula atau sampai dengan tingkat advance.

Pemula yang kami maksudkan disini adalah pemula sebagai desainer atau baru belajar desain pertama kalinya, bukan dalam artian pemula dalam pegang komputer, karena kalau masih bingung karena belum terbiasa menggunakan komputer atau laptop, masih bingung dalam berinternet, masih bingung fungsi copy dan paste, maka kami menyarankan untuk belajar mandiri dahulu untuk lebih mengenal fungsi windows dan internet, karena kalau hal itu dipaksakan nanti jadinya malah lama dalam belajar desain, karena harus belajar 2 hal yang berbeda, yakni belajar windows dan internet ditambah lagi denganbelajar desain, nanti jadinya justru tidak fokus dan sangat lambat sekali perkembangannya.

Bagaimanapun untuk belajar desain secara online setidaknya harus familiar dengan internet, WA atau telegram, meeting online, karena hal-hal tersebut diatas sebagai sarana untuk share materi dan berdiskusi.

Di dalam privat desain online yang diadakan oleh Afivia Desain, software yang digunakan adalah Xara Photo & Graphic Designer dan ada kalanya dengan photoshop, karena nanti fokus utamanya adalah mengunakan software xara. Untuk detail bagaiman dengan softwarenya harus beli dulu atau seperti apa tentang kursus privat ini, silahkan japri langsung ke saya, banyak orang yang memanggil saya dengan sebutan Om Afi, Mas Afi atau Kak Afi (bebas tapi sopan, boleh pilih salah satu).

Anda bisa japri saya di akun telegram http://t.me/afivia

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pihak.